Monitoring Evaluasi Perkuliahan


PRODI ANALIS KESEHATAN PROSEDUR MONITORING EVALUASI PERKULIAHAN/PEMBELAJARAN
Nomor Dokumen : … Nomor Revisi : … Halaman : 1/2
SOP Tanggal Terbit : … DITETAPKAN OLEH DIREKTUR ANALIS KESEHATAN AKJP II
DEFENISI 1. Monitoring adalah kegiatan pemantauan atau pengamatan yang berlangsung selama kegiatan berjalan untuk memastikan dan mengendalikan keserasian pelaksanaan program dengan perencanaan yang telah ditetapkan.
2. Monitoring perkuliahan/pembelajaran adalah kegiatan pemantuan terhadap kegiatan perkuliahan/pembelajaran agar pelaksanaannya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
3. Evaluasi adalah upaya menilai kualitas program dan hasil-hasilnya secara berkala dengan menggunakan pendekatan yang tepat.
4. Evaluasi perkuliahan/pembelajaran berarti upaya menggali informasi terhadap proses dan hasil perkuliahan/pembelajaran untuk menilai kualitasnya dengan menggunakan pendekatan yang tepat
TUJUAN Penyusunan SOP monitoring dan evaluasi ini dimaksudkan agar kegiatan monitoring dan evaluasi perkuliahan/pembelajaran yang dilakukan di program studi berlangsung efektif. SOP ini dimaksudkan sebagai rujukan bagi dosen atau ketua program studi/Penjaminan Mutu dalam menjalankan tugas monitoring dan evaluasi perkuliahan/pembelajaran. Secara umum kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran/perkuliahan dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:
1. Mengendalikan proses pembelajaran/perkuliahan agar berlangsung secara efektif dan mencapai hasil sesuai yang direncanakan.
2. Menggali informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan dan hasil-hasilnya, serta memperoleh bahan informasi untuk keberlanjutan proses pembelajaran/perkuliahan berikutnya.
3. Menggali informasi untuk pengambilan keputusan
SUMBER ACUAN 1. Peraturan Akademik AKJP II
2. Kurikulum
3. RPS
4. Absensi
5. Daftar batas pembelajaran
6. Dan dokumen lain yang diperlukan
RUANG LINGKUP Monitoring dan Evaluasi perkuliahan/pembelajaran meliputi kehadiran kehadiran dosen, mahasiswa ketercapaian materi, serta penggunaan perangkat pembelajaran
PERSYARATAN
PROSEDUR A. Persiapan
Persiapan dilakukan melalui kegiatan:
1. Penyusunan jadwal monev
2. Penentuan Tim dan Personil monev (Unit Penjaminan Mutu)
3. Penyiapan instrumen monev (instrumen terlampir).
4. Penyiapan administrasi lain yang dianggap perlu
B. Pelaksanaan
1. Ketua Unit Penjaminan Mutu menyampaikan kepada Direktur dan Wakil Direktur bagian kurikulum (Wadirkur) untuk jadwal monitoring dan evaluasi pembelajaran/perkuliahan, dan segera membentuk tim untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi (auditor)
2. Tim auditor dapat melakukan monitoring dan evaluasi setelah keluar surat penugasan oleh Direktur dan melakukan koordinasi dengan Wakil Direktur untuk penetapan tempat dan tanggal pelaksanaan audit
3.Timauditor melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran/perkuliahan yang meliputi aspek kehadiran dosen, mahasiswa, materi, perangkat pembelajaran sebagaimana intrumen terlampir.
4.Penyusunan temuan oleh auditor dan perumusan bersama rekomendasi perbaikan oleh auditor dan teraudit
5. Unit Penjaminan mutu melakukan penyusunan laporan hasil audit berdasarkan dari data temuan auditor, sebagaimana format laporan terlampir
6.Unit Penjaminan Mutu mempresentasikan laporan hasil monitoring dan evaluasi dengan dosen program studi, wadirkur dan dihadiri oleh Direktur
7.Unit Penjaminan mutu meminta pengesahan laporan monitoring dan evaluasi oleh Direktur
8. Unit Penjaminan Mutu mengirimkan laporan akhir hasil monitoring dan evaluasi ke Direktur dan diarsipkan di BAAK

KALENDER

Oktober 2018
S S R K J S M
« Sep    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

DOWNLOAD AREA

Klik Di Sini