Penyusunan Jadwal Perkuliahan


PRODI ANALIS KESEHATAN PROSEDUR PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN
Nomor Dokumen : … Nomor Revisi : … Halaman : 1/3
SOP Tanggal Terbit : … DITETAPKAN OLEH DIREKTUR ANALIS KESEHATAN AKJP II
DEFENISI 1. Perkuliahan ialah penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen selama 1 semester sesuai dengan satuan kredit semester.
2. Tatap muka kuliah ialah proses belajar mahasiswa yang didampingi langsung oleh dosen pengampu mata kuliah dan dilaksanakan selama 50 menit per satuan kredit semester (sks) mata kuliah tersebut.
3. Satuan kredit semester (sks) ialah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas usaha kumulatif bagi suatu program tertentu serta besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggi dan khususnya bagi dosen.
4. Nilai Satuan Kredit Semester (sks) perkuliahan bagi mahasiswa ialah
a. 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan dosen misalnya dalam bentuk kuliah;
b. 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal, tetapi direncanakan oleh dosen, misalnya dalam bentuk membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan soalsoal c. 60 menit acara kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan, atau tujuan lain suatu tugas akademik, misalnya dalam bentuk membaca buku referensi.
5. Nilai Satuan Kredit Semester (sks) perkuliahan bagi dosen ialah
a. 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan dosen misalnya dalam bentuk kuliah;
b. 60 menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstruktur;
c. 60 menit pengembangan materi kuliah.
d. Beban studi mahasiswa ialah waktu yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk belajar yaitu sebesar 8-10 jam sehari atau 48-60 jam seminggu.
TUJUAN 1. Merancang kegiatan pembelajaran selama satu semester sebagai implementasi kurikulum
2. Mendistribusikan beban mengajar secara adil dan merata pada dosen AKJP II
3. Mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana ruang dan fasilitas di AKJP II
4. Mempermudah pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran selama satu semester
SUMBER ACUAN Peraturan Akademik AKJP II
RUANG LINGKUP 1. SOP ini meliputi pembuatan draft jadual, mata Kuliah, dan dosen pengampu oleh bagian akademik, verifikasi oleh ketua program studi, serta pengesahan jadwal.
2. Jadwal yang telah ditetapkan bersifat mengikat dan wajib dilaksanakan oleh sivitas akademika AKJP II termasuk dosen luar biasa dari luar AKJP II
PERSYARATAN
PROSEDUR 1. Satu bulan sebelum registrasi Wakil Direktur bagian Kurikulum (Wdirkur) menyusun Jadual kuliah, perkiraan jumlah kelas berdasarkan jumlah mahasiswa akan memprogram dengan maksimum per kelas 40 orang ( 1 rombel), berdasarkan Daftar Mata Kuliah yang ditawarkan setiap semester (Ganjil dan Genap) yang tertera di dalam Kurikulum;
2. Penyusunan draft jadual kuliah dilakukan maksimal satu minggu;
3. Jadual diserahkan ke BAAK untuk dilakukan verifikasi (mata kuliah, ruang, dan waktu); dan dikembalikan lagi ke Wadirkur
4. Wadirkurmengecek Jadual yang meliputi Kesesuaian Mata Kuliah yang ditawarkan, Ruang yang dipakai, dan hari pelaksanaan;
5. Melakukan rapat koordinasi dengan semua dosen yang terlibat dalam satu semester tersebut (Ganjil/Genap)
6. Wadirkurmengirimkan daftar dosen penanggung jawab mata kuliah/pengajar sesuai mata kuliah yang ditawarkan hasil kesepakatan
7. Pengiriman daftar dosen penanggung jawab mata kuliah/pengajar ke bagian akademik dilakukan paling lambat 1 minggu setelah pertemuan;
8. Bagian akademik memasukkan daftar dosen penanggung jawab mata kuliah/pengajar ke dalam jadwal dan melakukan penyempurnaan jadwal sesuai dengan masukan dari Wadirkur
9. Penyempurnaan jadwal dilakukan maksimal 1 minggu sebelum registrasi
10. Direktur, wakil Direktur serta Bagian Akademik melakukan pertemuan bersama untuk membahas masukan penyempurnaan jadual perkuliahan;
11. Jadual hasil rapat akhir (Direktur, Wadirkur, serta Bagian Akademik) disahkan oleh Direktur untuk diumumkan kepada mahasiswa, diedarkan kepada dosen Penanggung jawab mata kuliah, dan dimasukkan ke dalam sistem online maksimal 3 hari sebelum registrasi;
12. Dalam pelaksanaan perkuliahan, dosen tidak boleh merubah jadual kuliah yang sudah diterbitkan. Dosen boleh merubah jadual kuliah dengan syarat :
1) ada kesepakatan dengan seluruh mahasiswa
2) tidak bentrok dengan jadual mata kuliah yang lain dan tersedia ruangan,
3) disampaikan kepada bagian akademik paling lambat 2 hari sebelum kuliah

KALENDER

Januari 2018
S S R K J S M
« Nov    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

DOWNLOAD AREA

Klik Di Sini