15 – 17 Maret 2018

Penyuluhan Kesehatan Dan Pemeriksaan Golongan Darah Gula Darah Dan Tekanan Darah

Civitas Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru (AKJP II) melaksanakan salah satu bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara terjadwal setiap semester. PKM selalu dilakukan sesuai bidang keahlian Program Studi. PKM semester genap ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa yang diadakan oleh BEM Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru yang berlangsung selama 3 hari yaitu mulai 14 – 16 Maret 2018. Acara PKM dibuka secara resmi oleh Direktur AKJP II Anna Maria M.Pd. Kegiatan PKM dilakukan oleh dosen yaitu Fauzan, M.Sc., Berliana N.R.S.Aritonang M.Kes., Hartini H. M.Si., Titi Lasmini M.Sc., Erlinna Juita,M.Pd., Karolina Rosmiati M.Farm., Apt. dan karyawan AKJP II serta mahasiswa dalam bentuk:
• Penyuluhan kesehatan dengan judul Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), Penyakit Kecacingan oleh dosen-dosen AKJP II Pekanbaru dan Pelayanan Pemeriksaan Golongan Darah oleh mahasiswa kepada siswa SDN 001, SDN 003, SDN 013 dan siswa MDA di Desa Muaro Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.
• Pemriksaan Gula Darah dan Tekan darah kepada guru dan masyarakat sekitar di Desa Muaro Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini mengundang antusiasme yang sangat tinggi dari siswa siswi dengan antrian yang tertib mengikuti pemeriksaan golongan darah dan keaktifan tanya jawab selama mengikuti penyuluhan kesehatan. Peserta yang hadir mencapai lebih dari 300-an siswa. Selain itu guru pendamping serta masyaraka sekitar juga menyambut dengan antusias yang ditampak pada permintaan layanan pemeriksaan gula darah, tekanan darah diluar jadawal serta banyak mengajukan pertanyaan seputar pemeriksaan laboratorium dan kesehatan kepada dosen dan mahasiswa AKJP II Pekanbaru. Sambutan yang antusias tersebut dapat terjadi berkat partisipasi aktif dari Kepala Desa Muaro Jalai Bapak Muhammad Yani H.S. yang sangat mendukung kegiatan ini.

Pada penghujung acara panitia PKM mengedarkan angket untuk mengetahui tingkat kemanfaatan PKM bagi peserta dan memperoleh hasil lebih dari 90% menjawab sangat bermanfaat. Selanjutnya kami berharap peserta yang telah mengikuti penyuluhan dan pelayanan kesehatan menerapkan kebiasaan berperilaku hidup bersih sehat dan meningkatkan kesadaran untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini. Pada akhir acara kami melakukan foto bersama antara dosen- karyawan, mahasiswa, dan siswa siswi SD, guru pendamping dan masyarakat.

IMG_3985
IMG_3858
IMG_3810
IMG_3784
IMG_4114

Artikel yang Direkomendasikan