2 – 3 Juli 2018

Civitas Akademi Kesehatan John Paul II (AKJP II) Pekanbaru melakukan pengabdian masyarakat dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bekerjasama dengan Rumah Sakit Santa Maria pada tanggal 2-3 Juli 2018. Sasaran dalam kegiatan ini adalah guru dan karyawan SD Santa Maria I Pekanbaru. Adapun tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan guru dan karyawan SD Santa Maria I melalui pemeriksaan dan seminar kesehatan.

Kegiatan ini didahuli dengan pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat. Program tersebut dilaksanakan oleh dosen, laboran dan mahasiswa AKJP II Pekanbaru yang seluruhnya berjumlah 22 orang.

Dari hasil pengabdian masyarakat Senin kemarin, sebanyak 80 guru & karyawan berhasil mendapatkan pemeriksaan kesehatan.
Hasil pemeriksaan kesehatan guru dan karyawan dikonsultasikan melalui Seminar kesehatan dengan pembicara adalah dr. Alfi Budiman, Sp.PK. Seminar kesehatan tersebut merupakan kerjasama antata AKJP II Pekanbaru dengan Rumah Sakit Santa Maria. Adapun topik seminar “Pemeriksaan berkala kadar gula darah, kolesterol, asam urat: Indikator diri terhadap sindrom metabolik”.

Selanjutnya untuk memperoleh gambaran respon guru & karyawan dilakukan melalui angket. Berdasarkan hasil angket bahwa secara keseluruhan guru dan karyawan kerjasama dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat bermanfaat dan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Beberapa lansia yang ditanya tentang pelayanan yang mereka terima, mengaku sangat terbantu dan senang terhadap keramahan tim pengabdian dalam melayani.

Dua kegiatan di atas, menurut Anna Maria, M.Pd (Direktur AKJP II Pekanbaru), selain sesuai dengan program Kemenristekdikti, sekaligus merupakan sumbangsih bagi daerah dan masyarakat oleh Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru yang baru berdiri tahun 2014 silam.

Ditanya tentang kondisi perguruan tinggi yang dipimpinnya, Anna Maria menyebutkan sudah memiliki tenaga pengajar dengan latar pendidikan SII, dokter spesialis. Dosen telah memiliki sertifikat Applied approach sebagai bagian dari bentuk kualifikasi tenaga pendidikan yang dimiliki.

Selanjutnya, terhadap lulusan AKJP II Pekanbaru sebanyak 74% sudah bekerja pada bidang laboratorium medik dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan. Bahkan sebelum menamatkan pendidikan pun, beberapa mahasiswa di antaranya sudah diminta oleh sejumlah rumah sakit dan klinik yang sebagian besar berada di Riau.

WhatsApp Image 2018-07-10 at 1.33.39 PM WhatsApp Image 2018-07-10 at 1.33.42 PM
WhatsApp Image 2018-07-10 at 1.33.47 PM WhatsApp Image 2018-07-10 at 1.34.20 PM
WhatsApp Image 2018-07-10 at 1.34.14 PM WhatsApp Image 2018-07-10 at 1.34.21 PM

Artikel yang Direkomendasikan